TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tahap IV Evakuasi Sudan, 100 WNI Tiba Di Tanah Air Hari Ini

Laporan: AY
Selasa, 02 Mei 2023 | 09:48 WIB
Sebanyak 100 WNI tiba yang masuk rombongan evakuasi Sudan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (2/5).   Foto: Humas Kemlu
Sebanyak 100 WNI tiba yang masuk rombongan evakuasi Sudan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (2/5). Foto: Humas Kemlu

TANGERANG - Sebanyak 100 WNI yang masuk dalam rombongan tahap IV evakuasi Sudan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Selasa (2/5) pagi.

Dengan begitu, total WNI yang dipulangkan dari Sudan berjumlah 929 orang. 

Sebelumnya, pemerintah RI telah berhasil memulangkan 829 WNI, dalam tiga tahap. Semuanya, dari Jeddah. 

Tahap pertama, sebanyak 385 orang tiba pada 28 April, menumpang Garuda Indonesia. Tahap kedua, sebanyak 363 orang tiba pada 30 April, juga dengan Garuda Indonesia.

Tahap ketiga, sebanyak 75 orang tiba pada 1 Mei, menaiki pesawat TNI Angkatan Udara (AU). 

Sementara 6 WNI lainnya, mengatur kepulangannya secara mandiri.

WNI yang telah dipulangkan ke Tanah Air, akan diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk penanganan lebih lanjut oleh Kementerian/Lembaga terkait, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan, sebanyak 949 WNI telah dievakuasi dari Sudan per 1 Mei.

Rinciannya, 930 orang dievakuasi via Jeddah, 13 orang dievakuasi via Mesir, dan 6 orang dievakuasi via Uni Emirat Arab (UEA).

"Kita patut bersyukur, proses evakuasi WNI dapat dijalankan dengan baik, di tengah banyak negara yang masih berusaha mengevakuasi warganya dari Sudan," tutur Retno dalam keterangan yang disampaikan dari Doha, Qatar, Senin (1/5).

Dia pun menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA), yang telah membantu evakuasi WNI dari Sudan.

Konflik militer di Sudan antara Sudan Armed Forces dan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) tercetus pada tanggal 15 April 2023.

Konflik tersebut mengancam situasi keamanan di Sudan, sehingga KBRI Khartoum menetapkan status Siaga II pada tanggal 16 April 2023.

Seiring meningkatnya eskalasi konflik, pada tanggal 20 April 2023, KBRI Khartoum menetapkan status Siaga I. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo