TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Polda Metro Jaya: Penembak Kantor MUI Bukan Teroris, Dia Pingin Diakui Wakil Nabi

Laporan: AY
Rabu, 03 Mei 2023 | 06:17 WIB
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengky Haryadi. Foto : Ist
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengky Haryadi. Foto : Ist

JAKARTA - Direktur Reserse dan Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi memastikan, pelaku penembakan Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) berinisial M (60), bukan bagian dari jaringan teroris.

"Kami sudah koordinasi dengan Detasemen Khusus 88. Hasil penyelidikannya, tersangka ini tidak termasuk jaringan teror.  Bukan merupakan wujud dari teror lone wolf, dan tidak terkooptasi dengan ideologi agama yg ekstrem," papar Hengki, Selasa (2/5).

Mengingat pelaku berdomisili di daerah Lampung, Polda Metro Jaya menjalin koordinasi dengan Polda Lampung untuk mengusut tuntas kasus ini.

Dari alat bukti tulisan, terdapat dugaan motif bahwa yang bersangkutan ingin mendapat pengakuan sebagai wakil Nabi. Salah satu suratnya menyebut, ada 73 golongan dalam Islam dan hanya satu golongan yang diakui. Dan itu adalah golongan pelaku. Dia mengklaim sebagai wakil Tuhan," beber Hengki.

Selain itu, juga terungkap niat jahat tersangka sejak 2018. Dalam suratnya, pelaku mengancam akan melakukan tindak kekerasan terhadap para pejabat negeri, juga MUI, jika dia tidak diakui sebagai wakil Nabi.

"Jadi, sudah ada mens rea (sikap batin) dari tersangka," pungkas Hengki.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo