TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pindah Partai, Anggota DPRD Pandeglang Mengundurkan Diri

Hijrah dari Gerindra ke NasDem

Oleh: ARI SUPRIADI
Kamis, 11 Mei 2023 | 19:48 WIB
Rika Kartikasari, anggota DPRD Pandeglang.(Ari Supriadi/Tangsel Pos)
Rika Kartikasari, anggota DPRD Pandeglang.(Ari Supriadi/Tangsel Pos)

PANDEGLANG - Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang dari Fraksi Gerindra, Rika Kartikasari secara resmi mengundurkan diri dari keanggotan partai besutan Prabowo Subianto tersebut. Surat pengunduran diri tersebut dibuat Selasa (9/5/2023) lalu yang tujukan kepada DPP Partai Gerindra melalui DPC Pandeglang.

“Betul, saya sudah mengajukan surat pengunduran diri dari Partai Gerindra, suratnya diterima oleh Pak Bayu Kusuma (Sekretaris DPC Partai Gerindra Pandeglang, red),” ujar Rika Kartikasari kepada Tangsel Pos, Kamis (11/5/2023) malam.

Pengunduran diri dari Partai Gerindra, kata Ketua Bapemperda ini, karena dirinya akan maju sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Banten dari Partai NasDem Dapil Pandeglang. Karena ada ketentuan jika ada anggota dewan yang kembali maju pada pemilihan legislatif dengan partai yang berbeda, maka harus mengundurkan diri dari partai sebelumnya.

“Saya harap surat pengunduran diri ini bisa diterima dengan baik. Saya masuk Partai Gerindra secara baik-baik dan selama ini sudah maksimal menjadi kader yang baik, maka izinkan saya dengan penuh rasa hormat untuk pamit dan berlabuh ke Partai NasDem,” terang kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini.

Dikatakannya, dari surat pengunduran diri tersebut tentunya akan ditindaklanjuti oleh Partai Gerindra dengan memproses Penggantian Antar Waktu (PAW). Mengenai PAW, tentu saja itu merupakan ranah Partai Gerindra yang memiliki kewenangan dan mekanisme.

Melalui sambungan telepon, Sekretaris DPC Partai Gerindra Pandeglang, Bayu Kusuma membenarkan sudah menerima surat pengunduran diri Rika Kartikasari pada 9 Mei lalu.

“Surat diserahkan langsung oleh Rika dan setelah itu kita proses suratnya. Kita sudah melayangkan suratnya ke DPP melalui DPP untuk proses PAW dan soal kapan turun surat PAW dari DPP itu tentu tergantung dari DPP, kita menunggu,” terang Bayu.

Ditanya soal alasan Rika keluar dari Partai Gerindra, Bayu mengaku, alasan tersebut tidak dituangkan dalam surat pengunduran diri. Namun ia menduga jika Rika memiliki niatan untuk melanjutkan perjuangan pengabdian kepada masyarakat melalui wadah yang berbeda.

“Mungkin beliau (Rika Kartikasari, red) mau mengganti wadah perjuangan melalui partai lain. Apalagi kan sudah santer kalau beliau ini akan maju di Partai NasDem. Intinya beliau keluar dari Partai Gerindra secara baik-baik,” pungkasnya.(rie)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo