TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Temuan Komnas HAM

Uang Paling Tinggi Di Jawa Timur

Oleh: Farhan
Minggu, 14 Mei 2023 | 10:48 WIB
Komisioner Komnas HAM  Saulir Siagian (tengah) saat memberikan keyerangan pers. Foto : Ist
Komisioner Komnas HAM Saulir Siagian (tengah) saat memberikan keyerangan pers. Foto : Ist

JAWA TIMUR - Selain Jawa Timur, praktik politik uang pada Pemilu 2024 juga potensial tinggi terjadi di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Saurlin Siagian menjelaskan, tingginya potensi praktik politik uang di Jawa Timur (Jatim) terjadi di wilayah industri. Di Jatim, kata dia, ada 65 ribu perusahaan dan sekitar 3,95 juta buruh.

“Jumlah masyarakat yang berasal dari desa dan bekerja di kawasan industri cukup tinggi,” katanya. Temuan Komnas HAM tersebut didapat per April-Mei 2023.

Masalahnya, kata Saurlin, industri-industri tersebut tersentralisasi dan kom­pleks industri yang paling banyak berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Kata dia, para buruh yang bekerja di industri-industri itu secara identitas berada di desa-desa atau di pedesaan.

“Dari jutaan buruh yang bekerja di kawasan industri, jarak rumah dan tem­pat kerjanya rata-rata waktu tempuhnya sekitar 5 hari,” ungkapnya.

Dalam aturan pemilu, lanjut Saulin, para pekerja itu harus menentukan tem­pat pemilihan atau TPS di desa tempat tinggalnya sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar pemilih semen­tara (DPS). Kondisi itu, kata dia, kerap dimanfaatkan para peserta pemilu untuk memberikan fasilitas perjalanan bagi para pekerja atau buruh untuk bisa memberi­kan hak pilihnya.

Kenapa kita arahkan ke politik uang? Karena pekerja atau asosiasi pekerja yang kami jumpai dimobilisasi yang punya uang,” kata Saurlin.

Siapa yang mobilisasi? Tentu kita tahu arahnya, siapa yang bayarin mereka berangkat dari satu tempat ke tempat lain, berbus-bus. Potensinya di situ,” sambung Saurlin.

Dengan adanya fakta itu, kata Saurlin, mobilisasi yang dilakukan oleh oknum peserta pemilu akan menggeser kemur­nian pilihan politik dari para pekerja di kawasan industri. Temuan ini, lanjut dia, akan disampaikan kepada penyelenggara pemilu; KPU dan Bawaslu. “Serta kepada kementerian-lembaga terkait agar dicari­kan solusinya,” ujarnya.

Saurlin menambahkan, kondisi tersebut mengontaminasi genuinitas pilihan para buruh. Soalnya, kata dia, sedari awal para buruh sudah ada yang mengarahkan, ada yang membayarkan bus, menanggung perjalan pulang ke rumahnya, ke TPS sampai balik lagi.

Sehingga itu mempengaruhi pilihan-pilihan dari pekerja,” jelasnya.

Komisioner Komnas HAM, Anis Hidayah menambahkan, potensi politik uang juga terjadi di daerah perbatasan sep­erti di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) yang berbatasan dengan Malaysia. Yaitu, Entikong, Kalbar yang berbatasan dengan Kuching, Malaysia.

Kalbar itu praktik politik uangnya adalah praktik jual beli suara dan transak­si politik di wilayah perbatasan, di antara Entikong dan Kuching,” kata Anis.

Anis mengatakan, pada pemilu sebel­umnya, politik uang banyak terdeteksi di wilayah-wilayah tersebut. Hal itu menjadi gambaran untuk antisipasi pada pemilu mendatang. “Jadi transaksi itu terjadi berbasis pada pengalaman pada pemilu sebelumnya,” ucapnya.

Anis menambahkan, alasan potensi politik uang tinggi di wilayah perbatasan karena pengawasannya yang minim. Sehingga, kata dia, pihaknya akan mem­berikan beberapa rekomendasi dari hasil pemantauan Komnas HAM kepada pihak-pihak terkait, terutama KPU.

“Praktik jual beli suara di perbatasan ini perlu kami sampaikan. Karena di wilayah perbatasan itu pengawasannya sangat minimalis,” pungkasnya. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo