TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

6 Hari Keliling 7 Kecamatan, Kirab Pemilu Sasar Pemilih Pemula

Start Dari Serpong Utara

Laporan: Idral Mahdi
Senin, 20 November 2023 | 07:30 WIB
KPU Kota Tangsel bersama dengan Pemerintah Kota Tangsel gelar kegiatan Kirab Pemilu.(Dra)
KPU Kota Tangsel bersama dengan Pemerintah Kota Tangsel gelar kegiatan Kirab Pemilu.(Dra)

SERPONG UTARA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menggelar Kirab Pemilu, KPU yakin, acara ini mampu mendongkrak partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. Kirab Pemilu di Kota Tangsel mulai digelar kemarin hingga 25 November mendatang.

 Kirab itu dimulai di Lapangan Pakujaya, Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, dan akan digelar selama 6 hari dengan berkeliling di seluruh kecamatan.

 Ketua KPU Kota Tangsel, Muhammad Taufiq MZ mengatakan, Kirab Pemilu merupakan sebuah inovasi untuk melakukan sosialisasi bahwa akan ada kontestasi politik dalam waktu dekat.

 "Makna dasar Kirab Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU secara nasional ini adalah inovasi sosialisasi baru untuk menempatkan KPU di mata peserta Pemilu," ujarnya.

 Taufiq menuturkan, Kirab Pemilu di Kota Tangsel diawali di Lapangan Pakujaya dan akan berkeliling ke tujuh kecamatan. "Kirab yang kita laksanakan di Kota Tangsel ini kita terima dari KPU Kota Tangerang, maka dari tanggal 19 sampai 25 November kita akan berkeliling di 7 Kecamatan," ujarnya.

 Ia mengungkapkan, dalam Kirab Pemilu ini, KPU Kota Tangsel akan fokus menyasar para pemilih pemula agar mau memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2024 mendatang.

 "KPU Kota Tangerang Selatan secara kelembagaan Insya Allah siap dan sudah melaksanakan seluruh tahapan dan program Pemilu sampai nanti 14 Februari 2024," tuturnya.

 Sesuai mekanisme yang berlaku, KPU melibatkan masyarakat luas, maka salah satu kegiatan itu adalah seluruh jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan menyasar kepada pemilih pemula.

 Sementara, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan berharap Kirab Pemilu menjadi momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan dalam mengarungi kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

 "Mari kita jaga keamanan dan ketertiban bersama agar proses Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa tekanan apapun," ujarnya.

 Pilar pun mengapresiasi KPU yang terus berupaya dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya hak suara dan partisipasi aktif dalam pemilihan.

 "Jadilah pemilih yang cerdas, teliti, dan bertanggung jawab. Gunakan hak suara Anda dengan bijak, karena setiap suara memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan kota kita," tuturnya.

 Kirab Pemilu 2024 sendiri dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Banten, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Ketua KPU Kota Tangsel, Ketua Bawaslu Kota Tangsel dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tangsel dan partai politik.

 Selain itu kirab Pemilu juga dihadiri perwakilan seluruh partai politik yang akan berkontestasi pada Pemilu 2024 mendatang.

 Diketahui KPU Kota Tangsel sebelumnya telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.022.237 untuk Pemilu tahun 2024. Jumlah DPT tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 501.755 dan pemilih perempuan sebanyak 520.482.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo