TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ayo Gerak Cepat Banjiri Pasar Beras

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 16 Desember 2023 | 07:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Menjelang Natal dan Tahun Baru, persediaan beras di pasar induk, pasar rakyat dan pasar tradisional tak boleh menipis. Dua pekan ke depan, stok beras di pasar mesti diupayakan jauh di atas kebutuhan rakyat.

Kalau ada tanda-tanda stok beras menipis, cepat banjiri pasar, terutama pasar rakyat dan pasar tradisional. Untuk itu, kepala daerah dan direksi Bulog mesti turun ke lapangan dan melihat langsung persediaan beras di pasar.

Begitu stok beras di pasar rakyat dan pasar tradisional satu daerah berkurang, segera tambah pasokan dari pasar induk atau gudang Bulog terdekat.

Dengan menambah pasokan beras ke pasar, kita berharap menjelang libur akhir tahun, tidak terjadi lonjakan harga.

Beras sebagai komoditi pangan utama rakyat, stoknya di gudang Bulog tak boleh menipis. Begitu ada tanda-tanda stok di gudang menurun, Bulog mesti mempercepat pembelian beras dari petani. Di beberapa daerah, sekarang ini sudah ada yang mulai panen. Bulog mesti gerak cepat menyerap beras hasil panen petani.

Bulog tak boleh kalah cepat dari tengkulak dan spekulan. Bulog jangan menerapkan syarat-syarat pembelian beras yang terlalu rumit dan kaku.

Kita berharap, stok beras di gudang Bulog selalu berada di atas 1,5 juta ton. Ini penting, supaya Bulog bisa bergerak lebih gesit. Kalau di satu daerah, terjadi kelangkaan beras dan stok beras di gudang menipis, bisa langsung dipasok dari gudang Bulog daerah lain.

Kita juga berharap, pihak Kementerian Perdagangan terus memonitor pasar beras. Begitu ada tanda-tanda spekulan masuk ke pasar, cepat ambil tindakan tegas.

Hal serupa mesti dilakukan para kepala daerah bersama-sama pihak kepolisian dan kejaksaan. Kalau ada tanda-tanda spekulan coba bermain atau menimbun beras, segera tindak, tangkap dan seret ke meja hijau.

Ke depan ini, di semua lini, perdagangan beras harus transparan. Bulog mesti bertindak sebagai pengendali suplai di lapangan. Kalau stok di pasar mendadak berkurang, cepat atasi dengan menambah suplai atau operasi pasar.

Sekali lagi, ke depan ini, beras tak boleh langka, baik di pasar induk, pasar rakyat maupun pasar tradisional. Ini penting supaya orang-orang yang ada di level paling bawah, bisa membeli beras dengan harga murah. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo