TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Komisi I: Jangan Ada DPT Bermasalah Di Pilkada Tangsel

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 03 April 2024 | 07:45 WIB
KPU Tangsel
KPU Tangsel

SETU- Komisi I DPRD kota Tangerang Selatan (Tangsel) berharap perhelatan Pilkada Kota Tangsel 2024 dapat berjalan kondusif dan jujur. Terutama soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) jangan sampai ada masalah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Anggota Komisi I DPRD Kota Tangsel, yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat, Rizki Jonis, Selasa (2/4).

Rizki mengatakan, tahapan Pilkada serentak seluruh Indonesia yang segera akan dimulai harus dijalankan sesuai dengan aturan yang ada.

“Beberapa kali kami sudah rapat dengar pendapat dengan KPU Kota Tangsel, terkait pelaksanaan tahapan, anggaran dan lainnya. Kami selalu ingatkan agar semuanya berjalan dengan jujur dan adil,” ungkapnya.

Rizki menilai yang paling harus menjadi perhatian adalah terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Tangsel.

“Tentu DPT Pemilu dengan DPT Pilkada Tangsel akan berbeda, kita ingin soal DPT ini tidak ada kasus satu pun, jangan sampai ada masyarakat Tangsel yang tidak terakomodir atau DPT bermasalah di Pilkada Kota Tangsel,” paparnya.

Dia melanjutkan, KPU sebagai penyelenggara juga harus menyediakan pengembangan teknologi informasi untuk mempermudah proses administrasi, pemutakhiran data pemilih, dan pelaporan hasil pemilihan.

“Jadi, masyarakat harus dapat dengan mudah mengakses informasi apapun terkait Pilkada. Nah, harus didukung dengan teknologi informasi yang baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa KPU Kota Tangsel juga harus melakukan sosialisasi dengan masif terkait Pilkada Kota Tangsel tersebut.

“KPU Harus memastikan keterlibatan aktif dan partisipasi pemilih, termasuk pemilih muda dan kelompok rentan lainnya dalam proses Pilkada. Yang terakhir juga harus dilakukan penyusunan dan penerapan sistem pemantauan dan evaluasi untuk mengevaluasi keberhasilan proses Pilkada dan mengidentifikasi area perbaikan di masa mendatang,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo