TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengamat: Ganjar Pranowo Semakin Berpotensi Diusung KIB

Laporan: AY
Kamis, 13 Oktober 2022 | 08:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Ist)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana menilai, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin berpeluang didukung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Bisa jadi begitu, karena arahnya KIB dispekulasikan bahwa sebenarnya yang mau didorong adalah Ganjar. Sehingga pertanyaan kemudian adalah siapa cawapres yang dipersiapkan. Apakah dari tiga partai ini? Yang paling memungkinkan memang Airlangga. Karena dari sisi elektabilitas relatif tinggi," ucap Aditya, Rabu (12/10).

Bahkan, Aditya berkata ada peluang bagi PDIP bergabung dengan KIB. "Menurut saya itu bukan suatu hal yang mustahil. Bisa dilakukan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Aditya berkata, meski ada kemungkinan PDIP bergabung dengan KIB, ada problem lain yang menarik yakni penempatan Puan Maharani.

Spekulasinya kemudian apakah memungkinkan terjadi koalisi PDIP bergabung dengan KIB? Saya menduga bisa juga demikian.

Cuma problemnya Puan ditaruh di mana? Apakah Puan mau dijadikan Ketum PDIP? Apakah Bu Mega punya keinginan untuk lengser di masa-masa kritis menjelang Pemilu 2024?" tanya dia. 

Di sisi lain, Aditya menekankan PDIP sebagai partai yang solid akan menunggu keputusan dari Ketum Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, Megawati bisa memilih strategi untuk mempertahankan elektabilitas Ganjar sekaligus memperkuat posisi Puan. Jika opsi itu dilakukan, PDIP punya kans besar memenangi Pemilu 2024.

Tetapi, diingatkan Aditya, penentu di PDIP itu adalah Megawati Soekarnoputri. Jika Mega punya insting yang positif, elektabilitas Ganjar tetap dipegang, tapi di sisi lain posisi Puan diperkuat.

"Kalau itu memang opsi yang mau didorong, orientasi untuk tetap menjadi pemenang pemenang pemilu masih bisa kelihatan, ketimbang kalau memaksakan Puan sebagai capres. Itu yang agak berat," tandasnya. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo