TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Survei Capres Terbaru

Anies Ngejar Prabowo, Ganjar Tetap Teratas

Laporan: AY
Senin, 28 November 2022 | 08:27 WIB
Dari kiri Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Ist)
Dari kiri Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Ist)

JAKARTA - Kerja keras Anies Baswedan melakukan kampanye ke daerah-daerah mulai membuahkan hasil.

Kini, elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta ini mulai mengejar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, untuk posisi teratas, masih diduduki Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Posisi elektabilitas Anies, Prabowo, dan Ganjar ini tergambar dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), yang dirilis kemarin. Survei ini dilakukan pada 5-13 November, dengan melibatkan 1.220 responden.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode multiple random sampling. Margin of error survei plus minus 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, Ganjar menempati posisi teratas dengan elektabilitas 26,7 persen. Posisi kedua ditempati Prabowo dengan 18,8 persen. Anies yang menduduki posisi tiga, mengejar Prabowo dengan elektabilitas 17 persen.

Sedangkan elektabilitas nama-nama di bawahnya terpaut jauh. Ridwan Kamil hanya mendapat 3,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen, Megawati Soekarnoputri 1,4 persen, Sandiaga Uno, Basuki Tjahaja Purnama, dan Muhaimin Iskandar mendapat 1,3 persen. Sementara Puan Maharani dan Airlangga Hartarto cuma 1,2 persen.

Dalam simulasi empat nama, hasilnya tetap saja. Ganjar teratas dengan 33,5 persen. Prabowo di posisi kedua dengan 26,4 persen, dikejar Anies di posisi tiga dengan 24 persen. Sementara, Puan di posisi paling bawah dengan dukungan 3,4 persen.

Dalam simulasi tiga nama, hasilnya masih sama. Ganjar di puncak dengan dengan 33,5 persen. Disusul Prabowo 30,1 persen dan Anies 25,1 persen.

"Bila calon hanya tiga, dan yang bersaing Prabowo vs Ganjar vs Anies, maka Ganjar cenderung unggul atas keduanya," jelas Direktur Riset SMRC Deni Irvani, saat mempresentasikan hasil surveinya bertajuk “Trend Dukungan Bakal Capres Pasca-Deklarasi”, melalui kanal YouTube SMRC TV, kemarin.

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio melihat, hasil survei ini menunjukkan bahwa kerja keras Anies mulai membuahkan hasil. Perolehan dukungan Anies dengan Prabowo kini cuma beda tipis. Hanya berbeda sekitar 1 persenan.

"Dia keliling dengan nikmatnya. Karena sudah selesai sebagai gubernur di Jakarta. Apalagi pembangunan di Jakarta juga banyak disaksikan rakyat seluruh Indonesia. Dukungan itu kan tergambar di mana pun Anies ada," ulas pria yang akrab disapa Hensat ini.

Ia menyebut, Anies hanya perlu meneruskan hal yang dilakukan belakangan ini. Dengan menemui rakyat sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, Anies bisa segera menyalip Prabowo.

Untuk NasDem, sebagai partai yang mendeklarasikan pencapresan Anies, Hensat menyarankan, segera menggencarkan konsolidasi politik.

"Menurut saya, NasDem konsentrasi untuk memastikan PKS dan Demokrat deklarasi," sarannya.

Dari pihak NasDem, tidak mau berpuas diri dengan hasil survei ini. Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menyatakan, pihaknya bakal mengajak Anies untuk terus berkeliling Indonesia. Tujuannya, untuk menyapa rakyat dan agar Anies mengenal wilayah yang akan dipimpinnya kelak.

Menurut Ali, Anies perlu mengenal kondisi daerah dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sehingga, ketika terpilih menjadi presiden, akan lebih mudah memetakan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Hal itu penting untuk mengubah citra bahwa partai selama ini tak pernah mendengarkan suara rakyat.

"Selama ini kita kan selalu dipikir membajak rakyat. Partai yang selalu memilihkan capres dengan visi misi tertentu, rakyat selalu ikut saja. Ini yang kita ke depan ingin kita ubah," ucap Ahmad Ali.

Rencananya, Anies akan mengunjungi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 11-12 Desember. Ia bakal didampingi Ahmad Ali, sejumlah pengurus DPP NasDem, dan Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse.

Anies direncanakan mengikuti rapat akbar bersama pengurus NasDem 24 Kabupaten/Kota beserta kader dan simpatisan pada 12 Desember 2022 di Celebes Convention Center (CCC) Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Usai ke Sulsel, Anies bakal melanjutkan safari politiknya ke Sulawesi Tengah, kemudian ke Papua, dan kembali ke Maros, Pangkep, dan Barru, untuk memenuhi permintaan relawannya.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/150649/survei-capres-terbaru-anies-ngejar-prabowo-ganjar-tetap-teratas

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo