TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

KONI Gembleng Atlet Asli Tangsel

Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov 2026

Oleh: Idral Mahdi
Kamis, 19 Januari 2023 | 07:10 WIB
Ketua KONI Kota Tangsel Hamka Handaru tengah memaparkan persiapan untuk menjelang Porprov 2026.
Ketua KONI Kota Tangsel Hamka Handaru tengah memaparkan persiapan untuk menjelang Porprov 2026.

SERPONG-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangsel mulai bersiap diri jelang gelaran Porprov Banten VII 2026 mendatang. Dimana Kota Tangsel yang akan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Berbagai persiapan pun dilakukan KONI Tangsel, salah satunya dengan meningkatkan pembinaan SDM para atlet yang akan diterjunkan.
 Ketua Umum KONI Kota Tangsel, Hamka Handaru mengatakan, SDM yang dimaksud adalah dengan mempersiapkan atlet-atlet asli asal Kota Tangsel, bukan pemain cabutan dari daerah lain. Serta akan memberikan porsi latihan dan peningkatan kemampuan semua atlet Kota Tangsel.
 "Elemen paling besar yang harus kita siapkan adalah SDM-nya dulu. Kita akan menyiapkan atlet organik, maksudnya harus asli putra Tangsel, bukan cabutan. Tentunya harus ada pembinaan, mereka kita latih dan kita tingkatkan kemampuannya. Kita buatkan juga even-even untuk level kematangan atlet-atlet kita," ujar Hamka.
 Menurutnya, selain melakukan peningkatan SDM bagi para atlet, faktor pendukung lainnya yang perlu dilakukan adalah sarana dan prasarana penunjang. Mulai dari sarana yang melekat pada tubuh atlet hingga alat-alat tanding.
 "Dan yang paling nggak kalah penting adalah prasarananya. Venue kita memang masih harus lebih intens lagi untuk memenuhi standar nasional. Karena memang venue yang ada di kita masih belum ketingkat level standar, ini yang menjadi PR bagi kita," terang Hamka.
 Ia juga mengaku masih melakukan kajian terhadap venue-venue yang nantinya akan digunakan untuk penyelenggaran pertandingan setiap cabang olahraga.  "Kalau yang basic tentunya masih sangat kurang kalau melihat kondisi kita sekarang. Kalau venue yang dimiliki pemerintah, kita memang harus mengejar untuk memenuhi kebutuhan itu," tutur Hamka.
 Ia juga optimis dalam waktu tiga tahun ke depan pelaksanaan Porprov Banten di Tangsel, semua kebutuhan untuk memenuhi standar nasional pada setiap venue yang akan digunakan menggelar pertandingan, bisa dapat terpenuhi.
 "Saya cukup confident kalau memang kita serius menangani ini. Bukan suatu hal yang mustahil, dan saya yakin pimpinan-pimpinan kita sudah memikirkan itu. Mudah-mudahan semua itu bisa direalisasikan dalam waktu yang cukup singkat," pungkasnya.
 Seperti diketahui, KONI Provinsi Banten menunjuk Kota Tangsel menjadi tuan rumah Porprov Banten 2026 mendatang. Pada Porprov 2022 yang berlangsung di Kota Tangerang, kontingen Kota Tangsel sukses bertengger di peringkat tiga di bawah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang di urutan pertama. (dra)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo