TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mengharukan, Air Mata Airin Tak Terbendung Saat Meraih Gelar Doktor Bidang Ilmu Hukum

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 27 Januari 2023 | 16:39 WIB
Airin Rachmi Diany berhasil mendapat predikat Cumlaude dalam sidangnya di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung.
Airin Rachmi Diany berhasil mendapat predikat Cumlaude dalam sidangnya di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung.

BANDUNG, Momen haru sempat mewarnai proses penyematan gelar Doktor Ilmu Hukum kepada Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany yang berlangsung di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, Jumat (27/1/2023).

Air matanya pun tak terbendung, ketika perjuangannya selama ini untuk meraih gelar akademik tertinggi tersebut telah berhasil diraihnya.

Tak tanggung-tanggung, Airin berhasil mendapat predikat Cumlaude dalam sidangnya di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung. Ia mempertahankan disertasi berjudul "Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Sistem Hukum Pertanahan Indonesia Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dikaitkan dengan Kepastian Hukum".

Tangis kecilnya itu pecah ketika Airin mengungkapkan ucapan terimakasihnya kepada Sang kedua orang tua tercinta.

"Tak kalah pentingnya. Abah, makasih ya Bah. Mamah juga, Om Haryo juga yang selalu mendampingin Abah dan Mamah," ungkap Airin dengan penuh haru.

Sebab gelar Doktor ini, menurutnya, mampu diraihnya berkat dorongan dan dukungan penuh Sang keluarga tercinta. Terkhusus Ayahanda dan Ibunda.

Bahkan lebih dari sekadar dukungan, Sang Ayahanda atau yang biasan disapa Abah oleh Airin, memberikan contoh nyata dengan meraih gelar Doktor pada usianya yang ke-79 tahun.

Hal tersebut pun lantas menjadi inspirasi bagi sosok Ketua Umum DPP Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), untuk meraih gelar tertinggi dalam bidang akademik ini.

"Abah, Mamah terimakasih banyak yang sudah selalu mengingatkan untuk selesai, selesai, dan selesai. Dan saya dengan kesibukannya selalu diingatkan. Terimakasih sehingga saya bisa menjaga semua amanah. Baik bagi seorang ibu dari kedua anak saya, ataupun seorang istri," ujar Airin.

Atas raihan gelarnya tersebut, Airin pun ingin perjuangannya tersebut juga menjadi contoh bagi kedua buah hati tercinta.

"Saya sudah S3 dan kalian juga harus bisa S3," ucap Airin kepada kedua buah hatinya, Tubagus Ghifari Al Chusaeri Wardana dan Ratu Ghefira Marhamah Wardana yang turut hadir dalam hari bahagianya tersebut.

Tak sampai di situ, Airin juga berpesan kepada kaula muda dan rekan-rekan seperjuangannya yang saat ini masih berjuang, agar dapat segera merampungkannya.

"Penyelesaian studi ini luar biasa. Dan saya titip pesan bagi teman-teman yang belum selesai, segera selesaikan. Biar enggak kepikiran mimpi kita, urusan-urusannya, disertasi, SHP, atau jurnal. Itu yang saya rasakan," tuturnya.

Ia berharap, agar penelitiannya ini dapat bermanfaat bagi orang banyak. Termasuk juga demi kemajuan Indonesia.

"Saya ucapkan terimakasih banyak, semoga apa yang menjadi penelitian saya lakukan bersama-sama dengan semuanya tentunya Insya Allah akan memberi manfaat. Dan tentu yang paling penting, dari ini semuanya apa yang saya lakukan hari ini bisa memberikan manfaat untuk diri saya sendiri, keluarga, dan yang paling besar lagi adalah masyarakat yang lebih luas lagi dan memberikan warna dan sistem mudah-mudahan Indonesia menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo