TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Stop Pemborosan, Hentikan Korupsi

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 04 Februari 2023 | 08:20 WIB
Kiki Iswara Darmayana
Kiki Iswara Darmayana

TANGSEL - Buruknya ekonomi global setahun terakhir ini telah menekan ekonomi negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kalau keadaan seperti ini terjadi hingga akhir 2023, pertumbuhan ekonomi Indonesia sulit untuk bisa menembus angka 5 persen. Tahun 2022 ekonomi Indonesia tumbuh 5,2 persen.

Karena ke depan ini ekonomi global diprediksi lebih gelap, maka penghematan mesti dilakukan pemerintah, dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota.

Kini waktunya, para menteri, gubernur, bupati dan walikota melakukan gerakan stop pemborosan. Ke depan, pengadaan barang dan jasa mesti tepat guna, tepat sasaran dan tepat harga.

Mereka yang terlibat dalam pengada an barang dan jasa tak boleh main mata dengan vendor. Pemilik atau pemberi proyek tak boleh kongkalikong dengan kontraktor.

Kita berharap, tak ada lagi pejabat di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota yang main-main dengan anggaran pembangunan. Ayo ber sama-sama stop pemborosan dan hentikan korupsi.

Jangan hambur-hamburkan anggaran untuk proyek-proyek yang tak berkaitan langsung dengan kepentingan rakyat kecil.

Kita berharap, ke depan ini kantor-kantor kementerian, kantor gubernur, kantor bupati dan walikota bersih dari makelar proyek.

Kita juga berharap, para pejabat teras di tingkat provinsi, kabupaten dan kota tidak main mata dengan oknum anggota DPRD. Tak boleh ada lagi makelar anggaran yang berkeliaran di kantor-kantor DPRD.

Kalau para kepala daerah dan pimpinan DPRD-nya sama-sama bertekad membersihkan kantornya dari calo proyek dan makelar anggaran, dipastikan triliunan rupiah uang negara bisa diselamatkan.

Oleh karena itu, kursi atau posisi penting di pemerintahan mesti diisi orang-orang yang punya integritas dan berdedikasi tinggi. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo