TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Terapkan Sistem Jemput Bola, PMI Tangsel Pastikan Stok Darah Aman Hingga Ramadan

Laporan: Rachman Deniansyah
Minggu, 05 Februari 2023 | 16:53 WIB
Donor darah oleh PMI
Donor darah oleh PMI

SERPONG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan ketersediaan stok darah mampu tercukupi atau aman hingga Ramadan, atau bulan puasa 2023 mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan, Ketua PMI Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dalam kegiatan aksi donor darah di Jalan Benda Timur 5, Benda Baru, Pamulang, Tangsel, Minggu (5/02/2023).

Airin mengatakan, jaminan atas ketersediaan stok darah di wilayahnya itu dipastikan usai pihaknya menerapkan strategi jemput bola. 

Strategi tersebut pun ampuh. Bahkan, stok darah diprediksi akan mampu tersedia hingga Ramadan mendatang. .

“Saat ini kantong darah kita 100 kantong per hari. Targetnya 3000 kantong setiap bulan,” ujar Airin  

Mantan Wali Kota Tangsel dua periode ini juga meminta kepada masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya agar bermanfaat kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah, sesuai dari kebutuhannya apakah golongan darah O, A, B, AB. 

Selain itu dalam menghadapi bulan Ramadan mendatang, agar ketersediaan darah tetap aman dan cukup, Airin tetap menerapkan pola jemput bola, baik pada siang maupun malam hari ke setiap komunitas pendonor maupun individu masyarakat di lingkungan. 

“Yang pasti kita terus kita dorong, kita pasti akan bekerjasama dengan Dinkes Tangsel, kita akan dorong dengan seluruh pemangku kepentingan bahkan yang sering kita lakukan dengan TNI-Polri, biasanya mereka siap jika kita butuhkan,” ungkap Airin. 

Terlebih, lanjut Airin, fase donor darah sekarang tiap 60 hari sudah bisa, karena kalau dulu harus menunggu 3 bulan untuk kembali melakukan donor darah. 

“Jadi mudah-mudahan ketersediaan darah di bulan suci ramadhan serta lebaran bisa sangat terpenuhi, kita sudah MOU ada yg sudah sifatnya top down jemput bola ada juga yang bottom up seperti aksi masyarakat saat ini,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo