TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tuding Pemerintah Lamban Tangani Korban Gempa

Rakyat Turki Marah, Erdogan Terancam

Laporan: AY
Sabtu, 11 Februari 2023 | 08:54 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

TURKI - Upaya Pemerintah yang menerjunkan tim SAR untuk mencari korban selamat akibat gempa bumi besar yang menggoyang Turki dan Suriah, dianggap belum cukup. Rakyat Turki marah dan menuding Presiden Recep Tayyip Erdogan lamban menangani para korban gempa.

Korban tewas akibat gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah telah me­lampaui 21.051, kemarin. Sebanyak 17.674 korban me­ninggal­ ditemukan di Turki dan 3.377 di Suriah.

Para ahli khawatir, jumlahnya akan semakin meningkat. Apalagi hawa dingin yang saat ini melanda, menghambat pencarian ribuan orang yang masih tertimpa bangunan. Korban juga terancam karena terbatasnya ma­kan dan minuman.

“Tim penyelamat mencari korban selamat di lokasi bangunan yang runtuh dalam kegelapan di Kota Adiyaman dengan suhu­ di bawah titik beku,” kata lembaga Penyiaran Turki dikutip Reuters.

Tak hanya menelan korban jiwa, gempa menyebabkan sekitar 6.000 hingga 7.000 bangunan runtuh, termasuk apartemen.

Menurut salah satu pejabat Turki, sekitar 13,5 juta orang terkena dampak gempa yang membentang sekitar 450 km, mulai dari Adana di barat hingga Diyarbakir di timur.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dituding terlambat mem­­berikan bantuan terhadap korban gempa. Ini akan menjadi kesan buruk di tengah pesiapan pemilihan presiden yang akan digelar pada 14 Mei mendatang.

Seorang pejabat Turki mengatakan kepada Reuters, hal itu membuat masyarakat marah.

“Dengan kemarahan yang membara atas keterlambatan pengiriman bantuan dan upaya­ penyelamatan yang sedang ber­­langsung, bencana tersebut­ kemungkinan besar akan mempe­nga­ruhi pemungutan suara jika te­rus berlanjut,” kata pejabat itu.

Bencana ini datang saat eko­­nomi Turki sedang tidak baik-baik saja. Inflasi masih tinggi, 57,7 persen.

“Jika ada salah penanganan da­­lam upaya­ penyelamatan, mas­­yarakat akan frustrasi dan akan ada reaksi­ per­golakan,” ujar pendiri Crib­stone­ Strategic Macro, Mike Harris, dikutip dari CNBC International.

“Masalah lainnya adalah gedung-gedung yang te­lah­ runtuh. Sejauh ini dibangun di bawah kode baru dan pihak berwenang tidak memberlakukan wajib­ peraturan itu. Ini pukulan serius bagi Erdogan sehingga ia kehilangan kendali atas narasi­nya,” lanjut Harris.

Kisah pilu juga datang dari Suriah utara.

“Kami menemukan bibi saya, tapi tanpa paman saya,” kata Rania Zaboubi, seorang pengungsi Suriah yang kehilangan delapan anggota keluarganya, dikutip dari AFP.

“Situasinya sangat buruk. Dan tidak ada bantuan,” kata warga lainnya, Ibrahim Khalil.

Salah seorang korban gempa­ di Suriah, juga mengungkapkan, anak-anak yang selamat membu­tuh­kan perlengkapan musim dingin dan makanan.

Menurutnya, war­ga tidak dapat tidur karena­ dinginnya cuaca di wilayah ter­sebut. Padahal, ratusan ribu penduduk kehilangan tempat tinggal, di tengah suhu dingin yang menusuk tulang.

Penampungan darurat seperti­ area parkir supermarket, masjid, pinggir jalan atau di tengah reruntuhan, sangat membutuhkan ma­kanan, air, dan pemanas.

Gempa dahsyat itu terjadi Senin (6/2). Survei Geologi Amerika Serikat (AS) mengatakan, gempa berkekuatan 7,8 terjadi pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT) di kedalaman 17,9 km di lokasi 26 kilometer sebelah timur kota Nurdagi, Provinsi Gaziantep, Turki.  

Gempa kedua, dipicu yang pertama berkekuatan M 7,5, dan pusat gempa berada di distrik Elbistan di Provinsi Kahramanmaras, dangkal juga di kedalaman 10 km.

Survei Geologi AS mencatat, setidaknya 100 gempa susulan terjadi tak lama setelah gempa pertama.

Dikutip dari BBC International, gempa tersebut disebabkan aktivitas Anatolian Plate (Lempeng Anatolia).

Tak hanya terasa di Suriah, gempa juga menggoyang Mesir, Lebanon, Yordania, Yunani. Bahkan memicu peringatan tsu­nami di Italia. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo