TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rano Karno Terharu Lihat Tol Serang-Panimbang

Saat Hadiri HUT PDIP di Rangkasbitung

Oleh: Yuliawati Saripudin
Minggu, 19 Februari 2023 | 20:57 WIB
Rano Karno, anggota DPR RI saat mengunjungi Museum Multatuli, Rangkasbitung, Lebak, Minggu (19/2/2023).(Istimewa)
Rano Karno, anggota DPR RI saat mengunjungi Museum Multatuli, Rangkasbitung, Lebak, Minggu (19/2/2023).(Istimewa)

LEBAK - Jalan tol Serang-Panimbang adalah jalan tol yang dibangun untuk menghubungkan Serang dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjunglesung dan Taman Nasional Ujung Kulon. Sementara itu, tol yang kini telah beroperasi hingga Rangkasbitung, Lebak, tersebut juga tersambung dengan jalan tol Tangerang-Merak.  

Anggota DPR RI, Rano Karno saat menjabat sebagai Gubernur Banten pada 2015-2017 mengaku mengusulkan pembangunan jalan tol tersebut ke Presiden Joko Widodo. Ia mengaku, terkejut saat merasakan tol yang diusulkannya dulu bisa terealisasi.

Dirinya yang tengah menghadiri acara PDI Perjuangan di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, hanya menempuh waktu satu jam setengah dari Jakarta untuk sampai ke Rangkasbitung.

"Waduh dulu empat jam kita dari Jakarta, sekarang sudah tol terus," ujar Rano saat ditemui di Museum Multatuli Rangkasbitung, Minggu (19/2/2023).

Rano menceritakan dirinya merayu presiden Joko Widodo untuk membangun jalan tol yang akan menghubungkan sejumlah tempat wisata di Banten tersebut.

"Saya mohon beliau untuk hadir karena ini sangat penting untuk Banten. Nah, untuk menunjang kawaasan Tanjunglesung butuh infrastruktur ini. Dengan adanya tol ini, Pandeglang dan Lebak juga ikut terbuka. Banten sangat perlu tol untuk menunjang perekonomian di daerah Tanjunglesung. Saat peresmian KEK di Tanjunglesung, Pak Jokowi bertanya itu," ungkapnya.

Rano mengungkapkan, awalnya pembangunan tol ini tidak ada dalam pembangunan nasional tapi kemudian menjadi prioriras utama nomor satu pembangunan nasional. Ia bersyukur aspirasinya didengar pemerintah pusat, untuk memajukan Banten.

"Jadi artinya, saya dapat katakan, tol ini permohonan saya kepada presiden karena itu yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Banten secara industrial ini sudah stuck, jadi harus melebar, tidak hanya di Tangerang Raya. Banten ini miliki potensi untuk melebarkan kawasan-kawasan industri," ujarnya.

Rano meyakini, dengan adanya tol Serang Panimbang, Banten akan jauh berkembang. "Dengan tol ini saya sangat yakin dalam beberapa tahun ke depan Banten akan jauh lebih berkembang. Kalau sekarang APBD Banten Rp 12 triliun, nanti harus lebih," katanya.(yul/rie)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo