TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

SEA Games Kamboja, Indonesia Dipatok Bawa Pulang 60 Medali Emas

Laporan: AY
Selasa, 18 April 2023 | 16:51 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Menpora Dito optimistis tim Indonesia mampu menempati 3 besar SEA Games 2023 Kamboja dengan raihan medali 60 emas.

"Untuk target medali emas, kita ingin bertahan di peringkat III dengan target meraih 60 emas. Insha Allah meleset, tapi melesetnya ke atas," ujar Menpora Dito didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, Presiden NOC Indonesia Raja Sapta dan Sekjen Koni Pusat Ade Lukman serta Ketua Tim Review Prof. M. Asmawi, di Media Center Kemenpora, Jakarta, Senin (17/4) sore.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja berkekuatan 599 atlet. Terdiri dari 379 putra dan 220 putri. Mereka akan turun pada 31 cabang olahraga (cabor) dari 36 cabor yang dilombakan di SEA Games 2023.

Pada SEA Games Vietnam 2021, Kontingen Indonesia berjumlah 499 atlet. Indonesia waktu itu, menempati peringkat ketiga klasemen medali terbanyak SEA Games Vietnam dengan mengemas 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu

Menurut Menpora Dito, pengumuman kontingen SEA Games 2023 Kamboja ini tak ada kendala teknik, hanya saja dirinya ingin mereview lebih detail.

"Kendala sih tidak ada, hanya saja dua minggu lalu saya masih masyarakat biasa dan tiba-tiba saya jadi Menpora, jadi apa yang sudah dikerjakan selama setahun belakangan ini pastinya saya ingin benar-benar mereview dan juga melihat detail," ujarnya.

Menpora Dito berharap dengan review yang teliti dan detail maka akan diperoleh kontingen yang efektif dan efisien sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Dari awal Presiden meminta saya untuk memastikan betul setiap pemberangkatan kontingen itu harus efektif, efisien dan pastikan apa yang dikirim ke multieven internasional itu memang yang bisa meraih medali dan prestasi bagi Indonesia. Alhamdulillah kolaborasi bersama NOC, KONI Pusat, Tim Review berjalan lancar," urainya.

Menpora Dito juga tak mengizinkan adanya tim yang berangkat ke SEA Games 2023 Kamboja dengan biaya mandiri.

"Hasil rapat bersama tadi kita sudah menyepakati bahwa untuk SEA Games kali ini kita konfirm dan tetap tidak ada jalur mandiri, jadi kita memberangkatkan apa yang sudah kita sepakati bersama agar tidak ada polemik yang tak terduga kedepannya," pungkas Menpora Dito.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo