TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Melihat Kawasan Pacuan Kuda Pamulang Bersih Dari Sampah

Warga Patroli & Siapkan Sanksi Foto Close Up

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 05 Mei 2023 | 07:20 WIB
Warga sekitaran pacuan kuda, Kecamatan Pamulang memasang spanduk larangan membuang sampah liar bertulisan 'NEKAT BUANG SAMPAH DITANGKAP’. (dra)
Warga sekitaran pacuan kuda, Kecamatan Pamulang memasang spanduk larangan membuang sampah liar bertulisan 'NEKAT BUANG SAMPAH DITANGKAP’. (dra)

PAMULANG - Kondisi terkini ruas Jalan Raya Padjajaran, Pamulang, tepatnya depan Pacuan Kuda terlihat bersih dan asri. Sebelumnya di lokasi itu tumpukan sampah liar selalu menjadi pemandangan tiap pagi. Lantas bagaimana cara mengatasi sampah liar tersebut?

Kebersihan yang terjaga itu tentunya berkat andil pengurus lingkungan bersama warga sekitar. Mereka kompak patroli malam di lokasi yang kerap jadi tempat pembuangan sampah liar itu. Bahkan warga sempat memergoki pengendara sepeda motor yang membuang sampah di kawasan Pacuan Kuda.

 Mereka menangkap oknum tak bertanggungjawab itu seraya memvideokannya lewat kamera handphone. "Kalo besok lu masih buang sampah sembarangan di sini, gua seret ke Polsek lu," kata warga RW 01, Kelurahan Pamulang Barat, yang terekam dalam video itu.

Setiap warga yang kepergok buang sampah wajahnya diabadikan dengan difoto close up. Oknum warga yang buang sampah sembarang itu dipotret sambil memegang kertas karton bertuliskan 'PELAKU PEMBUANG SAMPAH'.

Ketua RW 01 Kelurahan Pamulang Barat, Ngadih, bersama warga lantas pasang ancaman keras. Jejeran spanduk membentang di sekitar kawasan area depan Pacuan Kuda. Pada kain media komunikasi luar itu di antaranya tertulis 'NEKAT BUANG SAMPAH DITANGKAP...!!!' Tertanda warga. 

 Aksi kekompakan warga mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman. "Petugas lapangan DLH tanpa dukungan dan kerja sama dengan masyarakat tentu tidak optimal untuk bisa mengawasi oknum warga yang tidak bertanggungjawab terhadap sampahnya," terangnya.

Ia berharap sikap kompak RW Ngadih beserta jajaran dapat dicontoh oleh semua komponen masyarakat lainnya. DLH Kota Tangsel siap menjadwalkan penertiban tempat pembuangan sampah liar lainya bekerjasama dengan masyarakat sesuai keadaan dan kebutuhan di lokasi.

Dia melanjutkan, pihaknya terus gencar melaksanakan kebijakan dan strategi penanganan sampah khusus di hulu. Bagi masyarakat diintensifkan sosialisasi dan edukasi untuk pengurangan dan penanganan sampah melalui Reduse, Reuse, Recycle.(3R).

"Dipilah disetorkan ke bank sampah terdekat agar menjadi nilai tambah. Pesan kami mari sama-sama peduli tanggung jawab untuk keadaan lingkungan bersama yang lebih baik," pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo