TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

WNI Yang Berhasil Diselamatkan Dari Penyekapan Di Kamboja Sebanyak 62 Orang

Laporan: AY
Senin, 01 Agustus 2022 | 07:01 WIB
WNI yang berhasil diselamatkan dari penyekapan di Perusahaan Online Scammer Kamboja. Foto : Istimewa
WNI yang berhasil diselamatkan dari penyekapan di Perusahaan Online Scammer Kamboja. Foto : Istimewa

KAMBOJA - Kepolisian Kamboja bersama KBRI Phnom Penh kembali berhasil menyelamatkan 7 warga negara Indonesia (WNI) dari penyekapan Perusahaan Online Scammer, di Sihanoukville, Kamboja, Minggu (31/7). Dengan keberhasilan ini, jumlah WNI yang dapat diselamatkan menjadi total 62 orang.


Berdasarkan keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), pada 30 Juli 2022, 55 orang WNI berhasil dibebaskan Kepolisian Kamboja dan KBRI Phnom Penh. Tambahan orang yang bisa diselamatkan merupakan hasil pendalaman pihak Kepolisian Kamboja.

Ke-62 orang WNI tersebut akan dipindahkan KBRI Phnom Penh dari Sihanoukville menuju Phnom Penh pada Minggu malam (31/7) waktu setempat. KBRI Phnom Penh telah menyiapkan akomodasi selama mereka berada di Phnom Penh.


Selama berada di Phnom Penh, para WNI akan mendapat konseling psikologis dari Kemlu. Sesuai Standard Operating Procedure (SOP) penanganan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), seluruh WNI tersebut itu akan menjalani pemeriksaan berdasarkan screening form identifikasi korban/terindikasi korban TPPO sebelum direpatriasi ke Indonesia.

Screening form tersebut akan digunakan untuk mendukung proses rehabilitasi korban dan penegakan hukum bagi pelaku perekrut di Indonesia. Setelah proses identifikasi selesai, Kemlu dan KBRI Phnom Penh akan memfasilitasi repatriasi para WNI ke Indonesia. (AY/US/rm.id))

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo