TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menengok Pemberdayaan Budidaya Lele dengan Bioflok di Kelurahan Buaran Tangsel

Oleh: lim/rmn
Selasa, 27 September 2022 | 15:08 WIB
Pemberdayaan budidaya lele menggunakan teknolodi Bioflok kolam terpal, Selasa (27/9/2022). (tangselpos.id/lim)
Pemberdayaan budidaya lele menggunakan teknolodi Bioflok kolam terpal, Selasa (27/9/2022). (tangselpos.id/lim)

SERPONG, Jajaran Kelurahan Buaran, Kec Serpong, Tangerang Selatan, terus menunjukkan kepedulian sosial terhadap masyarakat. Kali ini dilakukan dengan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian dan ketahanan pangan.

Pemberdayaan budidaya perikanan yang diselenggarakan Kelurahan Buaran ini dilaksanakan di Aula Kelurahan Buaran. Selain itu dilakukan pula praktik langsung di area pelatihan.

Pemberdayaan budidaya lele ini menggunakan teknologi Bioflok kolam terpal. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa (27/9/2022).

Kasie Ekbang Kelurahan Buaran, Mohamad Nurdin dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat Buaran dapat membuat kolam ikan lele dihalaman rumah untuk meningkatkan ketahanan pangan. Dengan sistem bioflok kolam terpal tidak membutuhkan area yang luas dan prosesnya tidak terlalu sulit.

“Sehingga warga buaran bisa memiliki penghasilan,” ungkapnya.

Haji Awan Kristiawan yang merupakan nara sumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan, Biofloc sendiri berasal dari kata “bios” yang artinya “kehidupan”, dan “floc” artinya gumpalan. Biofloc adalah kumpulan dari berbagai organisme (bakteri, jamur, algae, protozoa, dan lain-lain) yang tergabung dalam gumpalan (floc).

“Keunggulan budidaya lele dengan teknologi biofloc diantaranya adalah hemat lahan dan air, penggunaan pakan lebih efisien, kesehatan ikan terjamin, daging lebih hygienis, dan lebih praktis pengelolaannya,” jelasnya.

Para peserta sangat antusias dan sangat serius mengikuti kegiatan budidaya lele ini, karena selain materi yang di sampaikan peserta juga diberikan praktik langsung di area pelatihan. 

Sementara, peserta yang hadir terdiri dari Kelompok Budidaya Ikan (podakan), Karang Taruna, dan UMKM.

Salah satunya, Oka yang merupakan penggiat UMKM & Pemberdayaan, menyampaikan banyak terima kasih kepada Kelurahan Buaran yang sudah sangat peduli dengan warga.

“Terima kasih atas dukungan dari Kelurahan yang telah memberikan pelatihan bagi UMKM , Kelompok Tani, Karang Taruna guna meningkatkan ketahanan pangan dan bisa memiliki penghasilan nantinya,” ujar Oka.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo