TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Piala Dunia 2022

Prancis Tantang Maroko, Akankah Ada Kejutan Lagi

Laporan: AY
Rabu, 14 Desember 2022 | 07:30 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

QATAR - Laga semifinal Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Prancis dengan Maroko, menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu banyak pihak.

Pertandingan ini dinanti-nanti karena mulai banyak yang kesengsem dengan Maroko, yang sukses menghadirkan banyak kejutan dan menorehkan rekor. Pertandingan akan digelar di Al Bayt Stadium, Qatar, Kamis (15/12), pukul 02.00 WIB.

Timnas Prancis berhasil melaju ke semifinal usai menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1 pada babak perempat final. Ini akan menjadi semifinal ketujuh bagi Timnas Prancis sepanjang Piala Dunia. Dalam ajang pesta sepak bola terakbar empat tahunan tersebut, Prancis pernah merasakan gelar juara dua kali (1998 dan 2018).

Sementara, Maroko melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Portugal 1-0 di perempat final. Sebelumnya, Achraf Hakimi Cs juga membuat beberapa kejutan dengan mengalahkan klub-klub unggulan seperti Belgia dan Spanyol. Kemenangan atas Portugal mencatatkan sejarah bagi Maroko yaitu sebagai tim Afrika pertama yang bisa tembus ke semifinal Piala Dunia.

Dalam perjalanannya, Maroko tampil mengesankan di Piala Dunia 2022. Tim berjuluk The Atlas Lions menjalani episode-episode bak cerita dongeng dengan keberhasilan lolos ke semifinal.

Maroko melangkah ke empat besar karena strategi pertahanan mereka yang sangat kokoh. Mereka baru satu kali kebobolan sepanjang Piala Dunia 2022 ini. Pertahanan mereka sangat kuat. Penampilan Yassine Bounou di bawah mistar juga sangat mengesankan.

Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui, menyampaikan rahasia sukses timnya terkait performa mereka dalam dua pertandingan fase knockout, saat melawan Portugal dan Spanyol. Menurut pelatih berusia 47 tahun ini, resep sukses Maroko sejauh ini karena mereka mencontek strategi permainan Atletico Madrid yang diracik Diego “El Cholo” Simeone

Kami memainkan pertandingan seperti yang dilakukan sebuah klub di Spanyol, timnya Cholo,” kata Regragui.

Inspirasi bermain dari Atletico Madrid itu juga dibenarkan Yassine Bounou. Penjaga gawang yang biasa dipanggil dengan Bono ini sempat berteriak di lapangan, “Kami menang dengan gaya Diego Simeone”.

Bounou memang pernah menjadi bagian Atletico Madrid. Meski tidak pernah turun di ajang La Liga bersama Atletico, dia tetap mengambil pelajaran tentang sepak bola bertahan.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mengakui bahwa Maroko bukan lawan mudah untuk dihadapi. Deschamps menyebut, Maroko layak mendapat pujian terkait kiprah mereka di ajang Piala Dunia 2022.

“Maroko mengalahkan beberapa tim hebat, itu luar biasa. Penghargaan harus diberikan kepada para pemain. Tapi itu juga berkat pelatih, staf pelatih. Ini adalah momen bersejarah bagi mereka,” katanya.

Deschamps mengakui, tak ada yang menyangka Maroko bisa melaju ke babak semifinal. Namun, keberhasilan Maroko ini bukanlah sebuah kebetulan atau keberuntungan.

Deschamps menyebut, Maroko merupakan salah satu tim terkuat di edisi 2022 ini. Hal itu dibuktikan dengan gawang Maroko yang baru hanya kebobolan satu gol saja sepanjang bergulirnya Piala Dunia 2022. Itu pun gol hasil bunuh diri yang dilakukan pemain Maroko di fase grup saat bertemu Kanada.

“Mungkin mereka tidak diharapkan di sini (babak semifinal), tetapi mereka hanya kebobolan satu gol,” katanya.

Deschamps menegaskan, Prancis tak mau jadi korban Maroko pada semifinal Piala Dunia 2022. Untuk itu, sang arsitek akan melakukan segala usaha untuk menghindari terkaman tim Singa Atlas.

“Sekarang, kami harus menghadapi mereka. Juga, mereka akan memiliki kesempatan untuk mencapai final juga. Kami harus selalu menghormati lawan kami, semuanya,” tuturnya.

Agar tak menjadi korban Maroko berikutnya, Deschamps pun menonton semua video performa Tim Singa Atlas pada Piala Dunia 2022. “Bagaimanapun, saya akan menonton semuanya,” ujar Deschamps.

Secara head to head, Prancis lebih unggul atas Maroko. Perancis meraih 3 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 1 kekalahan saat melawan Maroko dalam 5 pertemuan terakhir.

Satu-satunya kekalahan Prancis terjadi dalam situasi adu penalti. Pertemuan terakhir Prancis dan Maroko terjadi dalam laga uji coba tahun 2007 dengan skor 2-2.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/zona-sport/152908/prancis-vs-maroko-unggulan-melawan-keajaiban

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo