TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Israel Ditolak Lagi, Menpora Dito Mau Ketemu Gubernur Koster

Laporan: AY
Kamis, 06 April 2023 | 16:54 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap tim Israel pada Kejuaraan 2nd ANOC World Beach Games (WBG) 2023 di Bali bikin geger lagi.

Berkaca pada pelaksanaan Piala Dunia U-20, event World Beach Games 2023  juga terancam batal.

Tak mau terulang seperti Piala Dunia U-20, Menpora Dito Ariotedjo berjanji bakal bertemu dan diskusi dengan Gubernur Bali I Wayan Koster. 

"Apa kesepakatan dan peraturan yang ada yang sudah disepakati kita harus melakukan responsifnya dengan aturan yang ada. Jadi, untuk solusinya sementara ini yakni, komunikasi lebih intensif, kita agendakan bisa bertemu dengan Gubenur Bali minggu ini," kata Menpora Dito kepada media di Lobi Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Kamis (6/4).

Dito juga akan koordinasi dengan kementerian luar negeri agar event ini tetap berjalan sesuai rencana.

"Kita komunikasikan lebih intens dan dilanjutkan. Pastinya saya secara resmi akan berbicara dengan Bu Menlu untuk menyikapi hal ini," ujarnya. 

"Kita doakan saja semoga even besar ini bisa tetap berjalan. Jadi kita tetap usahakan apa yang sudah menjadi komitmen dari awal dan kita berlandasan dari Kemlu saja," pungkasnya.

Event 2nd ANOC WBG rencananya akan digelar di Bali pada 5-15 Agustus 2023. Indonesia kali pertama menggelar WBG yang akan diikuti 1.554 atlet.

Lebih dari 100 negara peserta yang nantinya menuju ke Pulau Dewata memperebutkan 44 medali emas dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. 

Dari 14 cabor itu, 10 diantaranya merupakan cabang wajib yakni Aquathlon, Beach Handball, Beach Soccer, Beach Tennis, Beach Volleyball, Beach Waterpolo, Beach Wrestling, Karate-Beach Kata dan Open Water Swimming. Kemudian ada 4 cabang tambahan yakni Bola Basket 3x3, Air Badminton, Rowing, dan Surfing.

Atlet-atlet dari Israel dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang. Hal itu diketahui dari hasil di babak kualifikasi seperti cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3x3.

Atlet yang mewakili Israel berhasil melangkah dari babak kualifikasi ke ajang World Beach Games 2023.

Sebelumnya, pagelaran World Beach Games 2023 di Bali terancam batal setelah Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kontingen Israel dalam ajang multicabang tersebut.

Pada Rabu (5/4), Wayan Koster kembali membuat pernyataan penolakan terhadap kedatangan Israel di Bali.

"(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel)," kata Koster kepada media, di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4). rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo