TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sambut Pemudik 2023, KAI Siapkan 6,9 Juta Kursi

Laporan: AY
Jumat, 07 April 2023 | 09:26 WIB
Suasana antrian tiket di Stasiun Gambir. (Ist)
Suasana antrian tiket di Stasiun Gambir. (Ist)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yang tergabung dalam KAI Group menyediakan sebanyak 6.936.532 tempat duduk pada Angkutan Lebaran 2023. 

Jumlah tersebut, terdiri dari kelas eksekutif 987.380 tempat duduk (14%), kelas bisnis 137.600 tempat duduk (2%), dan kelas ekonomi 5.811.522 (84%).

Adapun rinciannya, dari 6.936.532 tempat duduk tersebut, sebanyak 4.076.488 tempat duduk berasal dari induk perusahaan (KAI) dan 2.860.044 tempat duduk dari anak perusahaan (KAI Commuter dan KAI Bandara). Dari 4.076.488 tempat duduk terdiri dari 3.065.404 KA Jarak Jauh (2.520.056 reguler dan 545.348 tambahan) dan 1.011.084 KA Lokal.

Sedangkan, 2.860.044 tempat duduk anak perusahaan rinciannya adalah 2.701.644 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Commuter dan 158.400 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Bandara.

“Total tempat duduk yang disediakan pada Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 6,9 juta ini mengalami kenaikan 36% dibandingkan realiasi Angkutan Lebaran 2022 sebanyak 5.097.114 tempat duduk,” ujar Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa dalam acara Ngopi BUMN di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta pada Kamis (6/4).

Pada Angkutan Lebaran  ini, terdapat 7.458 perjalanan kereta api Jarak Jauh dan Lokal atau rata-rata 339 perjalanan KA per hari, atau naik 19% dibanding masa Angkutan Lebaran 2022 di mana terdapat 6.175 perjalanan KA atau rata-rata 281 perjalanan KA per hari.

Guna memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan menyenangkan, KAI juga menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate, yaitu proses boarding mempergunakan gate yang teritegrasi dengan pemindaian wajah pelanggan. 

Fasilitas ini untuk peningkatkan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan. Nanntinya, sistem akan memvalidasi penumpang meliputi data diri, data tiket,status vaksin.  Saat ini, sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan

"KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 143 orang yang tersebar di 32 Stasiun dan 588 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta,” ungkap Hadis. 

Sedangkan fasilitas baru lainnya yang KAI hadirkan, yaitu Water Station yang pada tahap awal hadir di qtiga stasiun besar yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng.

KAI menghadirkan Water Station sebagai kampanye ramah lingkungan, mengajak pelanggan membawa tumbler pribadi agar mengurangi sampah plastik. 

BUMN transportasi kereta api ini juga menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang, dan Surabaya Gubeng.

Untuk menghadirkan angkutan mudik Lebaran yang lebih berkesan, KAI juga memberikan paket takjil, doorprize, serta menghadirkan hiasan tematik di stasiun dan kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2023. KAI berharap perjalanan mudik dengan kereta api berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman,” tutup Hadis. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo