TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sopir Bus Angkutan Mudik Dites Urine & Cek Kesehatan

Petugas Datangi Terminal Pondok Cabe

Laporan: Idral Mahdi
Senin, 10 April 2023 | 07:26 WIB
Mendekati arus mudik 2023, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Tangerang Selatan melaksanakan pendampingan Ram Check”kendaraan di terminal bus Pondok Cabe Pamulang, Sabtu (8/4).  (dra)
Mendekati arus mudik 2023, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Tangerang Selatan melaksanakan pendampingan Ram Check”kendaraan di terminal bus Pondok Cabe Pamulang, Sabtu (8/4). (dra)

PAMULANG - Mendekati arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriyah, seluruh bus di Terminal Pondok Cabe, Pamulang dilakukan ramp check pada Sabtu (8/4). Para pengemudi bus angkutan mudik itu juga dites urine dan tes kesehatan.

Ram Check itu dilakukan petugas gabungan dari Polres Tangsel, Dishub Kota Tangsel, Dinkes, BNNK Tangsel, Jasa Raharja, Dokkes Polres, dan BPTJ. 
 Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Dicky Dwi  mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan oleh masyarakat saat mudik lebaran dalam keadaan aman dan layak.
 

“Ini merupakan inspeksi keselamatan pada kendaraan bermotor. Terutama bus yang menjadi angkutan mudik," terang AKP Dicky pada kegiatan tersebut.
 Dia menjelaskan, selain ram check kendaraan juga dilakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi bus. “Kami juga melakukan cek kesehatan pengemudi bus kemudian tes alkohol dan tes urine.tujuannya mempersiapkan pengemudi dan kendaraan semuanya fit saat mudik nanti.

Sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan pada mudik nanti dan menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas,” terangnya.
Adapun obyek kendaraan yang diinspeksi, di antaranya sistem penerangan, perlengkapan kendaraan bermotor, fasilitas tanggap darurat, sistem alat kemudi, bagian badan kendaraan, dan komponen pendukung serta pengemudi.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tangerang Cabang Banten, Hastuti Retnowulan yang juga hadir dalam kegiatan ram check tersebut mengatakan, bahwa pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis ini adalah program rutin Jasa Raharja.

"Dengan kesehatan yang terkontrol, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara. Sehingga diharapkan dapat membantu melakukan pencegahan kecelakaan lalu lintas ataupun meminimalisir dampak dari kecelakaan yang terjadi pada pengendara kendaraan bermotor," ujarnya.

Hastuti juga mengatakan, bahwa kegiatan rutin ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PT Jasa Raharja kepada masyarakat, khususnya bagi pengendara kendaraan bermotor yang sehari- harinya beraktivitas di jalan menggunakan kendaraan bermotor, terlebih melakukan kegiatan mengangkut penumpang.

Selain itu, Hastuti Retnowulan mengimbau bagi seluruh pengguna jalan raya khususnya wilayah Tangerang Raya untuk sama-sama aktif dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dengan selalu menaati peraturan lalu lintas, menjaga kondisi fisik, selalu santun dalam berkendara dan lengkapi surat-surat kendaraan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo